Minggu, 01 April 2018

(PART 1) PERSIAPAN TAHUN BARU MURAH DAN HEMAT DI JEPANG

Hai sebelumnya kenalin nama gue Zelda, gue mau share pengalaman-pengalaman liburan gue selama ini yang bakal gue mulai dari negeri Sakura😆

Gausah basa basi kebanyakan deh ya.. nanti malah pada males baca, hahaha. Langsung to the topic aja gue mau berbagi pengalaman tentang liburan tahun baru 2018 gue di jepang sama keluarga.

Gue beli tiket untuk tahun baru ini udah dari 1 tahun sebelum gue ke jepang, yaitu pada bulan Januari 2017, sebenernya gaada niat sama sekali buat liburan ke jepang dan ternyata pas iseng liat harga tiket air asia yang lagi promo, bertemulah gue dengan tiket PP Jakarta - Kuala Lumpur - Osaka seharga 3.800.000. Kapan lagi kan gue dapet tiket harga segitu dan pas tahun baru, di jepang pula. akhirnya tanpa basa-basi gue pun segera melakukan pembayaran untuk tiket tersebut.

Sebenernya gue dapet harga murah ini ditanggal keberangkatan 31 Desember dan Kepulangan di 5 Januari. Gue ga mikir panjang karena gue pikir gaperlu lama-lama di jepang. dan ternyata setelah gue beli tiket, gue baru baca blog orang-orang bahwa 5 hari di jepang itu sangat singkat dan sayang banget gabisa kemana-kemana karena jepang super duper luas. dan dengan sedikit penyesalan gue mencoba mengikhlaskan saja dan mencoba fokus buat liburan gue ke Hongkong dan Bangkok, karena pada saat itu dibulan Februari gue bakal ke hongkong dan dibulan Juli gue bakal terbang ke bangkok (bakal gue ceritain tentang hongkong dan bangkok di next blog ya!!)

jeng jeng jeng, tibalah di bulan Agustus, dan ternyata GUE DI EMAIL AIRASIA UNTUK RESCHEDULE JADWAL PENERBANGAN. Bukan main senengnya karena otomatis gue bisa majuin jadwal dan lebih lama di jepang! yey! akhirnya tanpa ba-bi-bu-be-bo gue langsung telpon air asia untuk ubah jadwal kepergian di tanggal 28 Desember yang berarti gue 8 hari berada di Jepang yuhuu~~ (ga dikenain biaya tambahan ya karena kesalahan dari air asia yang mengubah jadwal)

Setelah di info untuk ganti jadwal penerbangan gue makin semangat buat nyusun ittenery ke jepang dan sangat detail banget lengkap dengan jadwal - jadwal keretanya 😂 (buat yang mau ittenery-nya boleh coment dibawah nanti bakal gue send ke email)

hal pertama yang gue lakuin adalah mengganti paspor biasa ke E-paspor karena gue lebih milih buat bikin visa waiver ketimbang visa reguler. 

kenapa visa waiver?
karena gaperlu ribet untuk serahin dokumen terutama yang sering dipertanyakan sama kawan-kawan traveller dalam pembuatan visa adalah berapa jumlah yang harus ada dalam rekening, karena hanya Tuhan dan kedutaan aja yang tau. kalau untuk visa waiver tidak ada persyaratan apapun hanya E-paspor (ingat ya harus paspor elektronik bukan paspor biasa) dan formulir pendaftaran aja, langsung bisa terbang deh ke jepang ><

jadi cuss.. langsung aja gue ke kantor imigrasi untuk penggantian paspor. prosedur dan harga sama seperti pembuatan paspor baru ya... yaitu senilai 600.000. Oiya disini gue disuruh tanda tangan diatas materai yang isinya gue ganti E-paspor ini untuk kebutuhan pembuatan visa waiver ke jepang. karena pada saat itu paspor biasa gue masih berlaku 3 tahun lagi. (banyak juga kasus dimana penggantian paspor biasa ke E-paspor ditolak karena masa berlaku yang masih sangat lama) Tapi Alhamdullilah gue lancar jaya mengganti paspor biasa gue ke E-paspor.

setelah 5 hari akhirnya E-paspor gue jadi! Yuhu~~ makin semangat buat ke tahap selanjutnya yaitu membuat visa waiver ☺

pertama adalah kalian harus buat janji temu dulu di website vfs, karena ga memakan waktu lama daripada harus antri disana, untuk lebih lengkapnya kalian bisa buka di link ini  http://www.vfsglobal.com/japan/indonesia/how-to-apply.html

Tibalah di hari H, gue dateng sekeluarga sekitar jam 3 sore di Lotte Shoping Avenue Mall, jangan salah ya guys! untuk buat visa jepang lokasinya bukan di kedutaan lagi tapi sekarang pindah ke mall, asik-kan buat visa sekalian nongki-nongki cantik.. hahaha.. lokasinya adalah di lantai 4 persis didepan XXI, jangan salah masuk ke bioskop ya guys:P

Prosedurnya sangat simple cuman ngasih formulir pendaftaran dan E-paspor aja (bisa diwakilkan kalau kalian satu keluarga dan berangkat bareng)

Biaya pembuatan visa waiver ini senilai 155.000, cukup murah dibandingkan Visa Reguler kan? Oiya visa waiver ini hanya bisa tinggal selama 15 hari dijepang, gaboleh lebih ya nanti di deportasi wkwk. tapi yang bikin happy adalah masa berlaku 3 tahun! yeyy! jadi kalian bisa bolak balik jepang selama 3 tahun dengan catatan gaboleh lebih dari 15 hari ya.

akhirnya 7 hari berlalu E-Paspor dan Visa Waiver sudah ditangan, tahap selanjutnya adalah mencari penginapan di jepang.

sebelum mencari penginapan yang cucok, gue harus cari tiket willer bus terlebih dahulu. karena gue mendarat di osaka dan rencana malem tahun baru dihabiskan di tokyo, mau gamau harus naik willer bus kalau mau murah meriah mampus. Gue selama di jepang ga beli JR PASS, jadi gue cuma pakai SUICA aja selama di jepang,(lebih jelasnya tentang trasnportasi di jepang bakal gue jelasin nanti) dan kalau perjalanan antar kota gue lebih milih bermalam di bus, lebih hemat juga jadi gaperlu nambah budget buat penginapan.

JR PASS adalah sebuah kartu kereta dimana kalian bisa bepergian di Jepang sepuasnya dengan durasi waktu yang bisa kalian pilih, ada di 7 hari, 14 hari, dan 21 hari. untuk harga di 7 hari kisaran 3-4 juta per orang. untuk harga di 14 hari kisaran 5-6 juta per orang, dan untuk harga di 12 hari kisaran 7 juta per orang. 

Tapi ga semua rute bisa kita naikin, cuma kereta yang berlogo JR saja ya, (salah satunya adalah kereta tercepat di dunia yaitu shinkansen) dan ga cuma naik Kereta aja kalian juga bisa dapet free buat naik kapal feri serta bus lokal, tapi ingat.. ga semua tercover JR Pass ya, jadi saran gue buat yang beli JR PASS harus pinter-pinter cari rute yang dilewati oleh kereta JR. biar ga rugi-rugi amat (maklum backpacker gamau rugi)

Sedangkan SUICA adalah kartu kereta yang bisa dipakai untuk semua perjalanan kereta dan bis. tetapi tetap harus isi ulang kalau saldo abis (persis kereta KRL / Trasnjakarta) SUICA berbeda dengan JR PASS yang Unlimited dan tidak perlu isi saldo.

Selanjutnya adalah tips dalam membeli tiket willer bus yaitu harus jauh-jauh hari dari keberangkatan. Willer bus baru bisa dipesan 3 bulan sebelum keberangkatan, dan gue bener-bener beli tiket willer bus tepat 3 bulan sebelum gue tiba di jepang (super niat) 

Pembelian willer bus menggunakan credit card dari indonesia dan gabisa payment langsung disana karena harus booking dulu.

ini adalah link untuk pembelian willer bus, tujuan beragam ya... gak cuman osaka-tokyo aja, dan tentu aja dengan harga yang bervariasi tergantung tipe bus dan tempat duduk yang kalian pilih

http://willerexpress.com/en/?mid=157&gclid=Cj0KCQjwhoLWBRD9ARIsADIRaxRq8GyorikhaWFmXtr3iei4HX6aG3JT_DqtGSrXEnzMusmL5GITRVwaAmL5EALw_wcB


Gue pesen willer bus untuk tanggal 29 Desember, harga yang gue dapet adalah 22,690 JPY untuk 3 orang atau sekitar 2,7 Juta. Jadi 1 orang sekitar 900.000 ini bukan perjalanan PP ya hanya osaka-tokyo aja. dan karena lagi peak season maka harga willer bus pun jadi ikutan naik, tapi menurut gue naik willer bus ini sangatlah worth it karena nyaman dan aman, perjalanan pun di malam hari, jadi gaperlu nambah budget buat hotel dan bangun di pagi hari udah sampe di tokyo dengan muka bantal hahaha



untuk perjalanan dari tokyo-osaka gue dapet di harga 15.390 JPY atau 1,8 Juta untuk 3 orang, dan harga untuk 1 orang adalah sekitar 600.000.

Total perjalanan PP Osaka - Tokyo adalah sekitar 1.500.000 jauh lebih murah daripada naik Shinkansen.

Kalau naik Shinkansen yang tidak tercover oleh JR PASS bisa menghabiskan 3 Juta hanya untuk PP Osaka - Tokyo.

ini beberapa foto-foto suasana di willer bus, nyaman banget menurut gue dibanding bus malam di indonesia yang gujlak-gajluk

Bisa buat nutupin kepala, jadi gausah tengsin kalo mau tidur :P


Udah dapet bantal dan selimut

Pasti pada bertanya-tanya kenapa gue ga pake JR PASS? 

harganya mahal tentu jadi problematika utama, harga JR PASS pada saat itu adalah 4 juta untuk 7 hari. (lebih mahal dari tiket pesawat cyinn) dan JR PASS tidak men-cover seluruh kereta yang ada dijepang, jadi mau gamau harus tetep beli Suica kalau mau naik subway, dan pada saat di jepang gue lebih banyak naik kereta yang tidak ter-cover oleh JR PASS. gue pun mengakali biar biaya transportasi murah dengan mencegah naik shinkansen selama di jepang. caranya gampang banget! Google Maps sangat membantu selama gue berada di jepang, kalian tinggal tulis tujuan awal dan tujuan akhir langsung deh dikasih tau harga kereta termurah untuk sampai ke tujuan yang mau kita datengin, di google maps juga dikasih tau jam berapa aja kereta yang mau kita naikin, menurut gue lebih baik google maps untuk cari transportasi di jepang karena ga ribet dan mudah. walaupun beberapa perjalanan gue tetep harus naik shinkansen tapi harga ga begitu mahal sekitar 20-40 ribuan aja karena terbantu oleh google maps 😉

kalau lokasi tujuan ga begitu jauh si google maps ini pun ngasih tau buat jalan kaki aja, lumayan ngirit ongkos daripada naik kereta yang cuma turun 1 stasiun, hahaha.

Sudah tertera jelas kereta nomer berapa yang harus dinaiki dan biaya keretanya☺

Tapi ya tapi.. cuma di jepang aja nih google maps bisa selengkap ini ngasih detailnya, kalau negara lain? wassalam susah-susah gampang deh nyari tujuan pake google maps.

Ini cuma pilihan opsional buat kalian yang mau menekan budget di jepang dengan gak beli JR PASS. kalau waktu kalian mepet dan tujuan perjalanan kalian lebih banyak dilewatin oleh JR PASS, gue saranin beli JR PASS aja, biar ga buang-buang waktu.

CERITA SELANJUTNYA? TUNGGU DI NEXT PART YA~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

(PART 6) MOUNT FUJI + BONUS DIPIPISIN BULE SAAT TAHUN BARU

Pagi hari kubangun terus mandi tak lupa mengosok gigi~~ nyatanya lagu tersebut gak gue praktekin di Jepang karena airnya dingin sampe ke ubu...